Wow, Soetta Masuk Daftar Bandara Tersibuk di Dunia!

Jakarta, BUMNInfo | Bersumber pada hasil dari riset lembaga analisis penerbangan global Official Airline Guide (OAG) pada Februari 2021, dua rute penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) masuk ke dalam 10 besar rute domestik tersibuk di dunia. Hal tersebut didasarkan pada kapasitas kursi penerbangan yang tersedia. Rute tersebut adalah Jakarta (CGK) - Medan Kualanamu (KNO) yang berada di peringkat 7 dengan kapasitas kursi penerbangan mencapai 382.975 kursi. Bandara Kualanamu merupakan salah satu bandara yang juga dikelola PT Angkasa Pura II (Persero).

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa riset OAG ini menandakan bahwa perseroan dan para stakeholder mampu menjaga aktivitas operasional di Bandara Soekarno-Hatta dengan baik di tengah pandemi Covid-19, sehingga dapat tetap mendukung aktivitas dan konektivitas udara di Indonesia. Riset OAG ini membuat pihaknya dan stakeholder lain semakin bersiaga dalam menerapkan protokol kesehatan. PT Angkasa Pura II akan memastikan bahwa protokol kesehatan akan terus diterapkan dengan baik.

“Dua rute domestik masuk sebagai rute domestik tersibuk di dunia pada Februari 2021. Jika dilihat kedua rute tersibuk itu, yakni dari dan ke Kualanamu, lalu dari dan ke Makassar, bukan merupakan destinasi wisata. Ini sejalan dengan imbauan pemerintah, di mana perjalanan jauh sebaiknya memang hanya untuk keperluan penting dan mendesak saja,” Ujar Awaluddin pada keterangan tertulisnya, Senin (15/02/2021).

Rute lainnya yang juga masuk ke dalam rute domestik tersibuk di dunia adalah Jakarta (CGK) - Makassar (UPG). Berada di peringkat 9 dengan ketersediaan kursi penerbangan sebanyak 370.931 penerbangan. Adapun peringkat pertama rute domestik tersibuk di dunia adalah Jeju International (CJU) - Seoul Gimpo (GMP) dengan 1,19 juta kursi penerbangan.

 

Sumber: koran-jakarta

Foto: Dok. Angkasa Pura II

 



POST TERKAIT