Tukar Sampah Jadi Emas, Pegadaian Bersama Pemprov Resmikan The Gade Clean and Gold di Jabar

Bandung, BUMNinfo | Pemerintah Provinsi Jawa Barat meresmikan program bank sampah bernama ‘Sehate’ The Gade Clean and Gold. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mau memilah sampah sebelum dibuang, untuk kemudian sampah yang memiliki nilai tinggi dalam volume besar bisa ditukar dengan emas

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, program ini dilakukan agar masyarakat tidak sembarang membuang sampah dalam bentuk apapun, di manapun. Terlebih sampah dari masyarakat, khususnya berbahan plastik, yang tercecer kerap berakhir di lautan.

Harapannya, suatu hari, tidak ada lagi sampah, khususnya plastik yang mengotori lautan Indonesia dari tanah Jabar,” ujar Ridwan Kamil pada saat peresmian program di Kabupaten Pangandaran akhir pekan kemarin.

Konversi sampah menjadi emas merupakan inovasi karena selama ini bank sampah hanya langsung memberikan uang ketika ada warga membawa sampah yang telah dipilah dan memiliki nilai jual. Bekerja sama dengan PT Pegadaian, tata cara penukaran sampah nantinya tidak langsung diganti oleh uang, melainkan menjadi tabungan emas.

  1. Pegadaian sudah berkomitmen, apabila tabungan sampah sudah mencapai berat 3,5 kilogram, akan diberikan jatah satu kursi untuk ibadah haji. “Kalau tabungan emasnya sudah mencapai 3,5 kilogram akan didaftarkan haji dan sudah dijamin dapat satu kursi oleh Pegadaian,” ucapnya.

Pemrpov Jabar yang memprioritaskan daerah pariwisata dalam program ini berharap agar sampah yang tersisa dari keberadaan wisatawan tidak kemudian diabaikan dan terbawa ke laut sehingga ekosistemnya terganggu.

Sumber : jabar.idntimes.com

Foto: BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PEMROV JABAR



POST TERKAIT