Setelah Australia, Dahana Bakal Perluas Ekspor Ke Asia Pasifik

Jakarta, BUMNInfo | PT Dahana (Persero), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri bahan peledak ini  mengikuti perhelatan Pacific Exposition 2019 yang digelar pada 12-14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru. Pada ajang bisnis dan diplomatik tersebut tidak hanya Dahana yang berpartisipasi, melainkan juga diikuti oleh BUMN lain.

Saat ini Dahana tengah melebarkan sayap bisnis bahan peledaknya ke sekitar Pasifik. Negara tujuannya adalah Australia yang bekerja sama dengan Jhonex. Pengiriman ekspor bahan peledak pun beberapa kali sudah dilakukan.

Direktur Operasi Dahana, Bambang Agung mengatakan, pihaknya akan melebarkan sayap bisnisnya di kawasan Asia Pasifik. Rencananya, perseroan juga akan melakukan ekspor ke negara seperti Fiji dan Jepang.

Sebelumnya, pada Maret lalu Dahana mengirimkan produknya ke perusahaan Australia, yakni Johnex Explosives. Produk tersebut ialah cartridge emulsion, yang merupakan produksi dari pabrik Dahana di Subang.

Johnex Explosives melalui letter of intent (LoI) berencana membeli cartridge emulsion Dahan setiap tahun sebanyak lebih kurang delapan kontainer. Pada pengiriman tahun ini, cartridge emulsion yang dikirim ke Australia sebanyak tiga kontainer atau 37.500 kg.

“Selain itu (Australia), kami ekspor juga ke Timor Leste untuk mendukung proyek pelabuhan Tibar Bay Port di Dili. Dan beberapa waktu ke depan kami sedang mempersiapkan ekspor ke Fiji dan Jepang,” ungkap Bambang dalam keterangannya, Kamis (11/7/2019).

Kehadiran Dahana dalam event internasional ini disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. Hal tersebut diungkapkan saat perbincangan dengan delegasi Dahana yang dipimpin oleh Bambang Agung dalam acara Welcome Participant pada 11 Juli 2019 yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI tersebut.

Tantowi mengaku bangga saat BUMN sangat berperan dalam mensyiarkan bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat dengan dukungan industrinya.

“Kami sangat gembira bahwa produk Dahana sudah masuk ke Australia, dan mengharapkan produk Dahana bisa masuk ke negara-negara Pasifik lainnya, di antaranya Selandia Baru,” ungkap Tantowi.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Foto: DAHANA



POST TERKAIT