Senapan SS4 Karya Anak Bangsa Berhasil Kalahkan AK-47 Rusia, Ini 4 Senjata Buatan Pindad yang Mendunia!

Jakarta, BUMNinfo| PT Pindad adalah satu-satunya produsen alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia. Tak hanya untuk polri dan TNI saja, senjata buatan Pindad telah menjadi andalan di berbagai negara lain seperti Kamboja, Malaysia, Mali, Myanmar, Oman, Filipina, dan Afganistan.

Bahkan beberapa senjata buatan Pindad benar-benar Indonesia menjuarai kompetisi senjata militer internasional dan punya segudang prestasi.

  1. SS2 – V2 (Senapan Serbu 2 – V2)

Senapan ini diproduksi Pindad pertama kali pada tahun 2005 dan mulai digunakan oleh tentara angkatan darat Indonesia pada tahun 2006. Dengan senapan buatan PT Pindad ini, TNI berhasil menjuarai lomba menembak antar-negara Australia Army Skill-At-Arms Meeting (AASAM) selama 11 kali. Terakhir kali tahun 2018 ini, TNI masih mempertahankan gelar juara umum dalam kompetisi AASAM

  1. SS4 (Senapan Serbu 4)

SS4 baru diperkenalkan pada tahun 2016 dan diklaim oleh Pindad bahwa senjata ini punya kemampuan di atas SS2. SS4 juga disebut-sebut bisa mengalahkan kemampuan senapan serbu paling terkenal di dunia, AK-47 buatan Rusia.

Keunggulan SS4 dibandingkan dengan AK-47 adalah soal jarak tembak efeltif. SS4 bisa menembak 600-800 meter sementara AK-47 hanya punya jarak tembak efektif 300 meter. Senapan  serbu ini dirancang dengan gabungan dari sejumlah produk buatan Pindad maupun non-Pindad.

  1. SSBA (Senapan Serbu Bawah Air)

Pindad bekerja sama dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI Angkatan Laut untuk proyek ini. SSBA dirancang bisa mendukung pertempuran baik di darat maupun di dalam air.

Jadi, meski nanti senapan ini berada di bawah air, tak akan mengurangi performa tembaknya.SSBA menggunakan peluru kaliber 5,66 x 150 mm dengan berat senjata 4,5 kilogram. Untuk di dalam air, tembakan efektifnya berjarak antara 20-30 meter di kedalaman air 5 meter, 10-20 meter di kedalaman air 20 meter dan 5-10 meter di kedalaman air 40 meter.

Teknologi canggih ini juga makin mengukuhkan nama PT Pindad sebagai salah satu produsen alutsista  asal Indonesia yang dihargai oleh dunia.

  1. SPR-2 Kaliber 12,7 mm

SPR 2 adalah senapan tembakan tunggal dengan fitur a malt baffle muzzle brake yang bisa mengurangi kekuatan hentakan dan membuat senapan ini ‘mulus’ saat beraksi. Senjata ini juga dilengkapi dengan bipod yang tingginya dapat disesuaikan. SPR dirancang sebagai senapan sniper sehingga mampu menembak dengan jarak efektif hingga 2 kilometer.

Kemunculan SPR2 ini juga cukup membuat heboh dunia militer internasional, khususnya bagi para sniper, karena SPR2 juga mampu menembus tank lapis baja dan bahkan amunisi (peluru) dilengkapi dengan alat peledak yang mampu menghancurkan kendaraan tempur dalam sekejap.

Berkat kemampuannya yang hebat, Sniper SPR-2 juga masuk rekomenasi situs alutsista Weaponsystems.net, sejajar dengan senjata canggih lain dari seluruh dunia.

Sumber: intisari.grid.id

Foto: Dok Penerangan KOSTRAD



POST TERKAIT