Seberapa Canggih Pabrik Bahan Peledak Pertama Elemented Detonator yang Baru Saja Diresmikan?

Jakarta, BUMN Info l Presiden Joko Widodo baru meresmikan Pabrik Elemented Detonator milik PT Dahana yang berlokasi di Energetic Material Center Dahana, Subang, bersamaan dengan peluncuran Holding BUMN Industri Pertahanan (DEFEND ID), pada 21 April 2022. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang diselenggarakan di PT PAL Indonesia, Surabaya pada 20 April 2022.

Pembangunan pabrik ini menjadi salah satu strategi perusahaan untuk mewujudkan kemandirian bahan peledak dalam negeri. Sekaligus mengurangi ketergantungan akan impor, terutama pada sektor inititating device.

Elemented Detonator merupakan salah satu bahan baku utama detonator yang terdiri dari high explosives sebagai isian utama (main charge) serta mengandung delay element untuk mengatur waktu tunda detonator. Elemented detonator nantinya akan digunakan pada pembuatan electric dan non-electric detonator produksi DAHANA yang saat ini telah melayani konsumen di bidang pertambangan, kuari, dan konstruksi.

Lalu apa saja kecanggihan pabrik ini?


Kehadiran pabrik ini menandai peningkatan penguasaan teknologi dan kemandirian bahan peledak detonator dari 35 persen menjadi 80 persen. Peningkatan nilai TKDN Detonator ini pun naik dari 14 persen menjadi 50 persen. Selain itu, dual use of technology yang dimilikinya juga dapat mendukung keperluan bahan peledak komersial dan militer. Teknologi bahan peledak yang dihasilkan akan memiliki kualitas terbaik dan harga yang kompetitif.

Dalam pembangunannya kemarin, PT DAHANA (Persero) menjalin kerjasama dengan Hanwha Corporation yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengadaan Peralatan Detonator Elemented di Korea Selatan pada 19 Oktober 2018. Hanwha terpilih sebagai penyedia teknologi untuk pembuatan Pabrik Detonator Elemented. Nilai ivestasinya kurang lebih USD 13,62 juta. Selain itu Hanwha juga akan bertindak sebagai penyuplai bahan baku untuk pabrik detonator elemented yang tertuang dalam perjanjian suplai bahan baku yang akan memberi DAHANA jaminan continues supply terhadap pabrik tersebut dengan bahan baku yang berkualitas dan memenuhi spesifikasi pabrik.

 

Sumber: dahana.id



POST TERKAIT