Pupuk Kaltim Berdayakan Milenial Sekitar Perusahaan Dengan Program Magang

Kalimantan Timur, BUMNinfo | Siswa di Bontang dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berkunjung ke Gedung Diklat Pupuk Kaltim. Bahkan ada yang dari luar negeri, yaitu Gazi University Turki, Hamburg University of Applied Sciences (HAW), Infrastructure University Kuala Lumpur, Mannheim University of Applied Science dan Middle East Technical University.

Tahun ini siswa yang datang jumlahnya sekitar 500an orang, terdiri dari mahasiswa dan siswa. Dalam setahun dibagi dalam 4 gelombang penerimaan, yaitu Januari, April, Juni dan Oktober. Pada 2016 sebanyak 469 orang, 2017 sebanyak 541 orang dan 2018 sebanyak 584 orang.

Kehadiran wajah milenial bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Kaltim. Selain itu, Banyak program CSR yang telah dilakukan untuk masyarakat di sekitar Perusahaan. Selama 41 tahun, Pupuk Kaltim berdampingan dengan masyarakat sekitar Perusahaan dalam berbagai kegiatan yang berbasis sosial, keagamaan, seni dan olah raga, lingkungan, kesehatan, pendidikan, serta pengembangan ekonomi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang bergerak pada beberapa sektor usaha, antara lain perikanan, pertanian, perkebunan, perdagangan, industri kreatif, jasa dan lainnya.

Program Pemagangan diselenggarakan oleh Departemen Learning Centre Pupuk Kaltim. Pesertanya semuanya milenial yang lahir setelah tahun 1980. Tujuannya adalah agar peserta mendapatkan pengalaman kerja yang dapat menjadi nilai lebih saat mendaftar kerja, mengoptimalkan skill masing-masing peserta agar mampu bersaing dalam persaingan global, meningkatkan kompetensi peserta magang, memberdayakan masyarakat usia produktif di lingkungan Perusahaan, serta sebagai sumber tenaga kerja potensial bagi Perusahaan apabila melakukan rekrutmen.

Pupuk Kaltim melaksanakan Program Magang Dalam sejak 2013. Program pemagangan di Pupuk Kaltim terdiri dari empat program, yaitu Program Pupuk Kaltim Apprentice Challenge (PAC), Program Magang Dalam Negeri, Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dan Loka Latihan Keterampilan (Lolapil). Menurut Superintendent Perencanaan dan Evaluasi Diklat, Departemen Learning Centre Pupuk Kaltim, Widodo, hingga Semester I 2019, peserta PAC sebanyak 123 orang, peserta Program Magang Dalam Negeri sebanyak 498 orang, peserta PMMB sebanyak 26 orang dan peserta Lolapil 50 orang, dengan total peserta seluruh program mencapai 697 orang.

“Pupuk Kaltim masih terus mengembangkan generasi milenial selama program pemagangan berlangsung. Untuk itu, akan dilakukan rekrutmen terbuka kepada generasi milenial yang memenuhi syarat,” terang Widodo.

Sumber: pupukkaltim.com



POST TERKAIT