Periode Mudik Semakin Dekat, INTI Siapkan Alat Hitung Penghitung Lalu Lintas Otomatis

Jakarta, BUMNInfo | PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau INTI berencana memanfaatkan momen mudik Lebaran nanti untuk implementasi sistem penghitung lalu lintas otomatis yang dibuatnya. Oleh karena itu, upaya maksimal pun coba dikerahkan BUMN tersebut agar penjualan perangkat sistem yang disebut Penghitung Lalu Lintas Otomatis atau PLATO ini berjalan baik.

Kelebihan PLATO sendiri terletak pada kemampuannya untuk menghitung volume dan kecepatan kendaraan (traffic counting) secara otomatis menggunakan sistem pembacaan dan perhitungan kapasitas jalan untuk lima golongan kendaraan.

Inovasi ini didapat oleh INTI dengan meningkatkan sistem teknologi yang biasa terdapat pada Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (Sindila). Rinciannya, kemampuan sensor deteksi volume dan kecepatan hingga lima klasifikasi kendaraan yang dimiliki PLATO ini dihasilkan dari teknologi Video Imaging Processing sebagai media pendeteksi kendaraannya. Bukan hanya itu, perangkat sistem ini juga memakai teknologi Intelligent Transportation System (ITS) yang telah disesuaikan dengan karakteristik pengendara dan klasifikasi kendaraan sesuai dengan prosedur manual yang digunakan di Indonesia.

Fitur kalibrasi atau tunning pun ditambahkan agar PLATO dapat mengatur arah sensor untuk mendapat jangkauan pandang yang ideal, membuat virtual loops atau area yang akan dihitung, mengatur jenis kendaraan berdasarkan golongan kendaraan, serta menganalisa sample video untuk proses tunning setiap bulannya.

INTI menggandeng anak perusahaannya, PT INTI Konten Indonesia (INTENS) untuk menjangkau berbagai daerah dan institusi saat mengimplementasikan PLATO. Yang terbaru, proses implementasi telah dilakukan di enam area Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, yaitu Ciburuy, Cikamuning, Gunung Putri, Beatrix Lembang, Cipatik, dan Cimareme.

Saat ini, kemampuan PLATO dalam penghitungan lima kategori kendaraan, dashboard management center, menampilkan kondisi jalan, menampilkan arah atau lajur, serta menampilkan kecepatan rata-rata kendaraan telah teruji.

Sumber: bumn.go.id 

Dok: bisnis.tempo.co 



POST TERKAIT