Kereta Buatan INKA Resmi Diluncurkan di Bangladesh

Bangladesh, BUMNinfo | Bangladesh Railway resmi luncurkan Kereta Banalata Express buatan PT INKA (persero) di Kota Rajshahi, Bangladesh. Peluncuran kereta api ini dihadiri oleh pihak perwakilan INKA dan Menteri Kereta Api Bangladesh, Nurul Islam Sujon. Serta Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina yang menyaksikannya melalui video teleconference.

Diresmikannya kereta api buatan Indonesia ini menjadi momen membanggakan khususnya buat Indonesia. Pasalnya, ini juga menjadi kali ketiga PT INKA (Persero) mengekspor kereta penumpang untuk Bangladesh.

“Sebuah bukti nyata bahwa industri kereta api milik Indonesia mampu bersaing di pasar internasional,” ujar Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina P Soemarno yang ditemui secara terpisah di sela-sela pameran Indonesia Fair 2019 di Dhaka.

Kereta dengan rute Rajshajhi-Dhaka-Rajshahi ini direncanakan akan beroperasi secara non-stop untuk melayani dan meningkatkan perjalanan jalur antarkota Bangladesh. Menteri Perkeretaapian Bangladesh Nurul Islam Sujon menyatakan bahwa Bonolata Express merupakan kereta api kecepatan tinggi yang dapat mempersingkat waktu tempuh dari Rajshahi ke Dhaka dengan waktu 4,5 jam, yang sebelumnya membutuhkan waktu 6 jam.

KBRI Dhaka menyatakan bahwa pemerintah Indonesia secara aktif berupaya meningkatkan kerjasama bilateral dengan Bangladesh khususnya dibidang perdagangan dan investasi. Didukung dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) sebanyak lima kesepakatan kerjasama oleh Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Bangladesh pada 25-27 Januari 2018 lalu. Banalata Express sendiri telah lama dinantikan oleh masyrakat Bangladesh. Dilihat dari antusias masyarakat yang datang dalam acara peluncuran tersebut.

Sumber :www.inka.co.id



POST TERKAIT