Jasa Tirta II Wujudkan Ketahanan Air & Kedaulatan Energi

Jakarta, BUMNInfo | Perum Jasa Tirta II mendorong proses  transformasi di bidang pengusahaan dan pengelolaan sumber daya air (SDA) sebagai bagian dari diversifikasi usaha. Strategi ini ditempuh untuk mengoptimalkan potensi usaha dari kewenangan yang diberikan pemerintah dalam pengeloaan SDA.

"Sebagai mitra strategis Pemerintah dalam pengusahaan dan pengelolaan SDA, kami terus mengupayakan agar sektor SDA benar-benar dapat memakmurkan rakyat di bidang ketahanan energi, ketahanan air, dan kedaulatan pangan melalui konsep one river one management oleh BUMN. Dengan langkah ini diharapkan terjadi peningkatan dan pemerataan kesejahteraan", ujar Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer.

Program Konservasi Sungai dengan Biogas yang berbuah penghargaan internasional, selain memberikan dampak pada peningkatan kualitas air sungai Citarum, juga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi para peternak. Peternak telah mendapatkan manfaat dari biogas yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan untuk penerangan.

“Petani sapi mendapat keuntungan berupa penghematan karena konversi dari LPG ke biogas, juga pupuk dan hasil ternak cacing dari bio-slurry. Jadi masyarakat terlibat dalam pemeliharaan sumber daya air dan menciptakan kedaulatan energi,” ucap Saefudin.

 

Sumber : investor.id

Foto : Dok. Jasa Tirta II



POST TERKAIT