IPC Mantapkan Pelabuhan Digital di 2020

Jakarta, BUMNinfo | Rancang rencana menjadi pelabuhan digital pada 2020, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC gencar optimalkan teknologi informasi dan modernisasi infrastuktur dan suprastruktur pelabuhan. Upaya ini dilakukan untuk menekan biaya logistik dan mengembangkan ekspor nasional.

Digitalisasi yang dilakukan IPC mencakup kegiatan di sisi laut maupun darat atau yang disebut Front-End yang terintegrasi dengan Back-End menggunakan Entreprise Resources Planning (ERP).

Hingga 2018, di sisi laut IPC telah menerapkan aplikasi Vessel Management System (VMS), Vessel Traffic System (VTS), Automatic Identification System (AIS), dan Marine Operating System (MOS). Sedangkan di sisi darat telah diterapkan aplikasi Terminal Operating System untuk Peti Kemas dan Non Peti Kemas, Autotally, Autogate, Delivery Order online (DO Online), Integrated Container Freight Station (CFS), Tempat Penimbunan Sementara (TPS) online, Integrated Billing System (IBS) yang meliputi e-registration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, dan e-customer care.

“Digitalisasi ini sifatnya bukan sekadar dari mengubah manual menjadi digital, melainkan juga melakukan integrasi dari end to end. Jadi nyambung. Jadi, apabila pelayanan kapal sudah selesai, maka datanya bisa difeedingkan ke Terminal sampai barang keluar dari Terminal Lini I ke Lini II. Tidak putus-putus. Jadi, digitalisasi dan integrasi,” Ujar Prasetyadi, selaku Direktur Operasi IPC

Penerapan digitalisasi di IPC ini tidak terpisah dari kelancaran arus barang dan kendaraan di area pelabuhan. Peraih penghargaan Global Performance Excellent Award 2018-Best in Class itu telah memulai program ini sejak Oktober 2018. Dengan membuka kantong parkir truk kontainer alias buffer area di Pelabuhan Tanjung Priok, untuk menampung truk-truk kontainer yang sedang menunggu antrean bongkar muat barang di Terminal Operator (TO) 1, TO2, dan TO3. Dengan demikian, truk-truk tidak lagi parkir di jalan-jalan di dalam area pelabuhan.

Sumber: bumn.go.id

#BUMN

#InfoBUMN

#BUMNInfo



POST TERKAIT