Inovasi PT PP Gunakan Teknologi Digital di Proyek Yogyakarta International Airport

Implementasi BIM pada proyek Yogyakarta International Airport meningkatkan akurasi dan efisiensi kerja.

Yogyakarta, BUMN Info | PT PP (Persero) TBK adalah salah satu BUMN Karya yang telah menerapkan teknologi digital pada proyeknya. BIM atau Building Information Modeling merupakan sebuah teknologi berbasis aplikasi yang digunakan untuk merencanakan pembangunan suatu proyek, mulai dari proses tender, pelaksanaan proyek desain, material, perhitungan biaya, sampai serah terima proyek. Penerapan BIM pada proyek konstruksi menjadikan proyek tersebut lebih cepat, akurat, efisien dan berkualitas.

BIM diterapkan secara resmi di PP sejak tahun 2015, dan mulai tahun 2018 BIM menjadi hal yang wajib digunakan untuk seluruh proyek-proyek baru. Salah satunya Proyek Yogyakarta International Airport. Implementasi teknologi digital pada proyek ini merupakan bukti dari komitmen PP dalam menerapkan BIM (Building Information Modeling) pada seluruh tahapan konstruksi. Di proyek ini, BIM diterapkan mulai dari level 3D (Modeling), 4D (Project Sequencing), 5D (Quantity Take Off) hingga 6D (Energy Simulation).

Perlu diketahui, PT PP turut meraih penghargaan atas konsistensinya dalam penerapan BIM, diantaranya “Glodon BIM Competition 2018,” dan “Tekla BIM Asia Awards 2018.” Diraihnya penghargaan tersebut memantapkan posisi PP sebagai pelopor dalam konstruksi digital. Selain itu, PP juga merupakan pelopor penerapan ERP di perusahaan kontruksi Indonesia dan telah go life sejak tahun 2017. Pengembangan BIM dan ERP ini menjadi bagian dari program Digital Transformation PP, dimana telah bertranformasi  dari doing digital menjadi being digital. Selain itu, Perseroan telah memiliki Road Map Digital Construction (IT Master Plan 2018 – 2022). Dalam tiga tahun terakhir PP juga telah mengembangkan teknologi digital untuk diimplementasikan pada konstruksi lapangan, seperti photogrammetry, geolistrik (ERT), AR-VR-MR untuk kontruksi, laser scan, hingga printer 3D untuk kontruksi.

Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat menunjang percepatan penyelesaian proyek, dan dapat membawa kontruksi Indonesia sejajar dengan negara-negara yang lebih maju.

Sumber : PT PP (Persero)



POST TERKAIT