Gandeng Telkom, Kimia Farma Gunakan Internet Cerdas untuk Menunjang Mesin Pembuat Obat

Bandung, BUMNInfo | PT Kimia Farma bersama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menerapkan penggunaan Internet of Things (IoT) atau internet cerdas untuk menunjang mesin-mesin pembuat obat. Penggunaan IoT diklaim telah meningkatkan efisiensi dan produktivitas produsen obat ini.

General Manager IT PT Kimia Farma Ervan Belyadi Suryadi mengatakan, Kimia Farma mengoperasikan dua pabrik dari total 11 pabrik PT Kimia Farma berlokasi di Cikarang (Kabupaten Bekasi) dan Banjaran (Kabupaten Bandung). Pabrik di Cikarang fokus produksi bahan baku, sementara di Banjaran untuk produksi obat terbukti mampu digenjot dengan implementasi IoT tadi.

Engineer PT Telkom bertindak sebagai implementator dan konsultan dari mesin cerdas, seraya proses transfer pengetahuan dilakukan kepada Divisi Teknologi Informasi PT Kimia Farma. Karenanya, pengembangan IoT ke depan bisa dilakukan sendiri oleh BUMN Farmasi tersebut.  

"Faktanya memang kerja sama ini berhasil meningkatkan produksi dengan parameter kualitas lebih baik di dua pabrik kami. Ini terjadi karena support dari Telkom sangat solutif dan militan, demikian pula dengan tim kami," katanya dalam siaran persnya.

Bahkan, " sinergi Internet of Things (IoT) PT Kimia Farma dan PT Telkom berhasil mengukir prestasi terbaik level Asia Tenggara oleh Asia IoT Business Platform kategori Enterprise Innovation Award. Atas keberhasilan itu, mereka akan diundang memamerkan proyek transformasi digital tersebut di Singapura pada Februari 2020 nanti bersama perwakilan dari Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan lainnya," Ujarnya.

 

Sumber : jabar.sindonews.com

Foto : Semarak.co



POST TERKAIT