Diapresiasi Para Pembalap, Inilah Layanan Telekomunikasi Telkom di Mandalika

Nusa Tenggara Barat, BUMNInfo | Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika telah sukses digelar pada Minggu (20/03/2022) lalu. Selama ajang ini berlangsung, PT Telkom Indonesia (Persero) berupaya untuk menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik dan berstandar internasional. Hal hasil, layanan tersebut pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak, seperti Menteri Kominfo dan para pembalap. 

Sebelum ajang ini dilaksanakan, Telkom telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi perluasan backbone (saluran pusat transfer data), penggelaran kabel fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel. Proses ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan ICT (Information and Communication Technologies) di kawasan Mandalika yang mencapai sebesar 7.22 Gbps.

Bukan hanya itu, Telkom juga menyediakan 1.908 BTS layanan Telkomsel yang dapat menjangkau jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920 Mbps, serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6 Gbps. Layanan tersebut tersebar untuk 6 area, di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribun untuk penonton.

Untuk memonitor infrastruktur transportasi serta elemen network ICT services selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika, Telkom membangun 4 Posko 24/7 yang berlokasi di wilayah usaha telekomunikasi atau Witel Mataram dan Mandalika. Posko ini dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC dan terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional. 

Manfaat fasilitas komunikasi Telkom juga turut dirasakan oleh berbagai UMKM melalui penyediaan Point of Sales (PoS) atau sistem untuk mempermudah proses transaksi jual beli secara digital. PoS diperuntukan untuk UMKM penyedia merchandise dan food & beverage. Sementara, para pengelolaan homestay atau penginapan di sekitar kawasan Mandalika mendapat fasilitas dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps, seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Sumber: cnbcindonesia.com dan konstruksimedia.com

Dok: cnbcindonesia.com



POST TERKAIT