Kamis, 28 Maret 2024

Tol Layang Baru Segera Hadir di Jakarta, Adhi Karya Siap Jadi Kontraktornya!

ads-custom-5

BUMNInfo, Jakarta | PT Adhi Karya (Persero) Tbk tengah menyiapkan proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami, nih. Tol ini berupa trase yang dibangun di atas jalur JORR Eksisting dari Cikunir-Ulujami sepanjang 21.5km dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berada di persimpangan Ulujami.

Dalam hal pembangunan, Adhi Karya tidak bekerja sendiri melainkan bersama konsorsium dengan anggota lain, yaitu PT Marga Metro Nusantara dan PT Acset Indonusa Tbk merupakan bagian dari jalan tol Jabodetabek yang berada di atas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Eksisting.

Nantinya, tol ini akan memiliki kecepatan rencana: 80km/jam, lebar lajur: 3.5m, lebar bahu luar: 2.0m, lebar bahu dalam: 1.0m, lebar median (termasuk bahu dalam): 2.0m, jumlah junction: 2 (JC Antasari & JC Jati Asih), dan jumlah on/off ramp: 1 (On/Off Ramp Jagorawi).

Menurut Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), pembangunan JORR elevated ini memang diperlukan untuk mengurai kemacetan di JORR Eksisting.Terlebih beban JORR pun akan bertambah seiring dengan adanya tol Jakarta-Cikampek II.

“Untuk mengantisipasi dari JORR eksisting pasti ada kepadatan sekalipun ada sodetan ke JORR 2 tapi lebih jauh mutarnya. Dan kemungkinan pengendara lebih pilih ke tengah, sehingga kita bangun tol itu elevated dari Cikunir sampai Ulujami,” kata Entus dalam RDP dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (13/9/2022).

Untuk persiapan pembangunan tol melayang ini, Adhi Karya akan mengalokasikan dana dari right issue sebesar Rp 662 triliun.

Jika dilihat, jalur JORR eksisting saat ini memang sudah sangat padat. Dimana kemacetan sering terjadi pada ruas dari arah Ulujami menuju Cikampek. Namun, hingga saat ini pihak Adhi Karya belum bisa memastikan waktu pembangunan yang jelas dan progres sementara masih dalam proses pemrakarsaan.

“PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol) belum. Harusnya setelah ini proses pemrakarsa ini ada diskusi dan proses lelang untuk investasi dari BPJT,” tambah Entus Asnawi.

 

Sumber: cnbcindonesia.com dan detik.com

Dok: nusantarainfrastructure.com

 

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU