PT INKA Ekspor Perdana Lokomotif ke Filipina

Surabaya, BUMNInfo | PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA melakukan ekspor perdana lokomotif kereta api ke Filipina, melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, (12/12/2020). Lokomotif produksi anak bangsa sejumlah tiga lokomotif dan 15 rangkaian itu dikirim INKA untuk digunakan oleh Philippine National Railways (PNR).

​​​​​​​Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa bersama rombongan juga ikut serta melakukan peninjauan pengapalan ekspor rangkaian kereta tersebut. Ia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada INKA atas capaiannya ini.

"Selamat sukses bahwa PT INKA ini sudah banyak ekspor ke banyak negara dan kali ini ke Filipina," ujar Khofifah dalam tayangan yang diunggah di Instagram resmi PT INKA, Minggu (13/12/2020).

Adapun, pengiriman tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang ini merupakan kelanjutan dari kontrak pengadaan senilai USD 26 Juta atau Rp 368 miliar (kurs Rp 14.156). Kontrak tersebut ditandatangani General Manager Philippine National Railways, Junn B. Magno dengan Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro pada tanggal 28 Mei 2018 di Manila.

Ekspor kali ini merupakan ekspor perdana untuk jenis produk lokomotif produksi anak bangsa, menyusuli sukses ekspor sebelumnya yakni dua train Set Diesel Multiple Unit (DMU) senilai USD 9,7 Juta USD pada bulan Desember 2019. Serta, empat trainset Diesel Multiple Unit (DMU) senilai USD 21,4 Juta USD pada bulan Februari 2020.

"Ekspor lokomotif ke Filipina ini merupakan implementasi BUMN Go Global yang selama ini telah dilakukan oleh PT INKA (Persero) melalui ekspor produk-produk kereta api keluar negeri juga menjadi bukti keberlangsungan BUMN di tengah kondisi pandemi," demikian dikutip dari Instagram PT INKA.

 

Sumber: Liputan6Tempo

Foto:



POST TERKAIT