Kamis, 25 April 2024

Peruri Dukung Teknologi Pengembangan The M Bloc Market Fase II

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | Ruang komunitas di bilangan Jakarta Selatan yakni M Bloc Space akan melakukan pengembangan area fase kedua seluas lebih kurang 1500 meter persegi dari sebelumnya yang hanya 6500 meter persegi. Sehingga total area M Bloc Space nantinya berkisar 8000 meter persegi.

 

Perum Percetakan Uang Republik Indonesia sebagai kolaborator sekaligus pemilik lahan belum lama ini telah memercayakan kembali dua gudang kosong milik mereka untuk dikelola juga oleh PT Ruang Riang Milenial sebagai pengelola M Bloc Space selama beberapa tahun ke depan. Kedua gudang berukuran 650 meter persegi dan 450 meter persegi yang telah dibangun sejak dekade 1970-an tersebut sebelumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai alat produksi uang, dokumen berharga milik negara hingga fasilitas olah raga karyawan Peruri.

 

Rencananya kedua gudang tersebut akan dialihfungsikan oleh PT Ruang Riang Milenial menjadi The M Bloc Market, Museum Gallery dan Community Hall. Semangat militan M Bloc Space untuk terus melakukan pemberdayaan UMKM, mendukung produk lokal dan brand lokal seperti di fase pertama juga makin ditingkatkan menjadi fokus utama pada pengembangan fase kedua ini.

 

Kolaborasi M Bloc Space dengan Peruri bahkan kini tak hanya dilakukan dengan penyediaan lahan semata. Pada pengembangan M Bloc Space fase kedua ini juga merambah pada dukungan teknologi yang mutakhir dari Peruri Trust, sebuah layanan digital security bagi The M Bloc Market yang berbasis track and trace (penerapan QR Code guna menjamin kualitas produk secara real time). Sementara Museum Gallery dari Peruri akan menyuguhkan berbagai artefak dan narasi sejarah pencetakan uang sebagai alat pertukaran nilai yang sah dari masa ke masa di Indonesia.

 

Community Hall akan menjadi sebuah ruang multi-fungsi bagi berbagai kegiatan kreatif dan edukatif komunitas. Rencananya berbagai kelas workshop, diskusi kreatif, inkubasi UKM dari para pekerja kreatif lintas bidang akan dilakukan di sana.

 

Melihat respons positif dari masyarakat sangat tinggi terhadap M Bloc, Peruri sangat antusias untuk mengembangkan M Bloc fase kedua sebagai bentuk optimalisasi aset Peruri. Direktur Keuangan Peruri Winarsih Budiriani mengatakan, pihaknya akan menggunakan bekas gudang produksi dan pembuatan tinta dalam project M Bloc fase kedua.

 

“Dengan adanya ini diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi masyarakat dan menjadi bukti konkret Peruri dalam mendukung peningkatan kapasitas UMKM di Indonesia,” ujar Winarsih dalam keterangan tertulis.

 

Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya juga menambahkan, bahwa Peruri akan memberikan sentuhan teknologi digital terhadap UMKM yang menjadi bagian dari pengembangan M Bloc fase kedua melalui produk digital track and trace Peruri. Ia berharap konsumen atau masyarakat dapat melakukan pengecekan keaslian atau otentikasi dari identitas geografis Indonesia dari produk dari UMKM seperti kopi, sayuran, buah atau produk lokal lainnya.

 

“Melalui hal tersebut konsumen akan mendapatkan rasa percaya mengenai sumber produk- produk yang dikonsumsinya. Dengan hal ini, Peruri mampu memberikan value creation kepada UMKM lokal baik yang ada di perkotaan maupun di daerah,” ujar Dwina

 

The M Bloc Market adalah indie grocery store baru nan khas dengan karakter interior rustic vintage yang memiliki visi berkelanjutan (sustainability). Fokus utama The M Bloc Market adalah menjadi outlet premium bagi rantai pasokan yang berasal dari para produsen UMKM lokal terkemuka dan para pendatang baru terkurasi yang menurut kami usahanya layak untuk didukung.

 

The M Bloc Market ingin melayani komunitas sembari membuat tingkatan baru dalam berbelanja bahan makanan dan minuman menjadi sebuah pengalaman yang menarik dan ramah, baik untuk sayur mayur segar, buah-buahan, sembako, roti dan kue artisan, keju buatan sendiri, serta aneka daging hingga ikan-ikan segar. Selain membuka grocery store fisik (luar jaringan), The M Bloc Market nantinya juga akan melayani pemesanan produk melalui teknologi daring via aplikasi maupun WhatsApp.

 

M Bloc Space fase kedua ini menurut rencana akan mulai dipugar bulan ini dan bakal dibuka untuk umum pada awal tahun depan.

 

Sumber: Koran JakartaTribunnews

Foto: The Jakarta Post

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU