Lembaga Pangan Malaysia Tertarik Galang Perdagangan Beras Dengan Bulog

Parepare, BUMNInfo | BERNAS (Lembaga Pangan Malaysia) tertarik secara serius menggalang perdagangan beras dengan Perum BULOG sebagai upaya menjamin ketersediaan pangan yang berkualitas baik (premium) di negara tetangga tersebut, sekaligus bukti kepercayaan terhadap kualitas beras Indonesia.

Usai berkeliling meninjau proses penggilingan beras dan kualitas beras yang dimiliki BULOG pada 9 april lalu, Kepala Departemen Industri penelitian dan analisa BERNAS Malaysia Salman Muhammad menjelaskan bahwa BERNAS Malaysia sudah sejak lama mengetahui kualitas beras BULOG yang baik sehingga perlu dilakukan kerjasama yang lebih serius sehingga bisa memberikan banyak manfaat dan saling menguntungkan bagi kedua negara.

Kunjungan BERNAS Malaysia ke Indonesia merupakan tindaklanjut dari kunjungan delegasi Perum BULOG yang dipimpin Direktur Komersial Perum BULOG beberapa waktu lalu sebagai upaya untuk membuka akses pasar berskala internasional. Malaysia menjadi pilihan pertama mengingat banyak peluang yang bisa dibangun dalam hal perdagangan pangan termasuk beras.

Delegasi BERNAS mengunjungi dan menyambangi Perum BULOG Sulselbar selama dua hari (9-10 April 2019) untuk melihat proses pengolahan beras di Rice Milling Unit (RMU) BULOG Parepare, Sulselbar, dan menyambangin Pasar Induk Beras (PIB) Parepare, dalam rangka memastikan kelancaran kerjasama yang akan dibangun kedua lembaga pangan tersebut.

Sementara itu, Direktur Komersial Perum BULOG, Judith J Dipodiputro menjelaskan tujuan dari kunjungan ini untuk mengidentifikasi kualitas dan pasar beras Indonesia guna membuka peluang ekspor ke Malaysia. Kunjungan dan juga pertemuan dengan pimpinan puncak Bulog di Jakarta merupakan sharing knowledge atas peta industri pangan di Indonesia sekaligus memahami peran dan fungsi BULOG dalam struktur industri pangan Indonesia.

“Kita berharap baik BERNAS dan BULOG dapat membangun kerjasama strategis jangka panjang dibidang pangan atau dibidang komoditas pangan lainnya,” kata Judith.

BULOG memiki outlet penjualan Toko Pangan Kita (TPK) untuk memasok ke pedagang dalam partai besar dan Jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) yang jumlahnya mencapai puluhan ribu untuk menjangkau konsumen akhir yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam perdangan komoditi pangan nasional. Selain itu, BULOG juga menguasai logistik pergudangan komoditi pangan khususnya beras yang tersebar diseluruh Indonesia dengan jumlah 1.650 unit gudang dan kapasitas mencapai 4 juta ton beras.

Sumber : www.bulog.co.id



POST TERKAIT