Ekspor ke Luar Negeri, Barata Indonesia Terkenal di Industri Kereta Api Dunia

Cilegon, BUMNinfo | Kultur kereta api Jepang memang telah menjadi teladan di dunia, namun siapa sangka bahwa Indonesia menjadi salah satu penyokong dunia perkeretaapian dunia?

PT Barata Indonesia (Persero) merupakan salah satu dari sedikit pembuat bogie di dunia. Bogie merupakan komponen sistem kesatuan roda pada kereta api dan Barata menjadi pengekspor utamanya.

“DNA Barata ini kan manufaktur. Saya bersyukur Barata punya dua produk kebanggan ekspor. Satu komponen turbin, satu lagi di bogie, karena bogie ini uniknya yang produksi cuman tiga: India, China, dan Indonesia yang punya Barata,” ujar Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Oksarlidady Arifin.

Dua negara yang sudah menjadi pelanggan Barata Indonesia adalah Kanada dan Meksiko. Selain itu, gerbong yang diimpor PT Inka ke Bangladesh, Sri Lanka, dan Filipina juga menggunakan bogie dari Barata. “Selama masih ada railway di dunia ini, ya cuman tiga yang bisa produksi di dunia. Dari tiga ini alhamdulilah Indonesia atau Barata mendapat porsi yang paling besar,” jelas dirut yang akrab disapa Dady itu.

Dady tidak mengungkap berapa market share Indonesia dalam penjualan bogie, tetapi ia menyebut makin banyak pesanan ke Indonesia yang sebelumnya memilih pesan ke India. Beberapa faktor yang menurut Dady ikut berkontribusi adalah kualitas, delivery time, dan harga.

Pendapatan Barata Indonesia dari ekspor bogie pun cukup signifikan, yaitu hingga Rp 600 miliar. Produk bogie untuk kereta api ini pun dijadikan ikon bagi pabrik Barata di Gresik, sama halnya seperti komponen turbin yang menjadi ikon di pabrik Cilegon.

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4025812/hebat-industri-kereta-api-dunia-bergantung-pada-bumn-indonesia?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F



POST TERKAIT