Kamis, 25 April 2024

Dua Strategi Wika Untuk Proyek Rel KA di Afrika: Gandeng Exim Bank dan Siapkan Counter Trade

ads-custom-5

Jakarta, BUMNInfo | PT Wijaya Karya Tbk (KOMPAS100: WIKA) ditawarkan untuk menggarap sejumlah proyek infrastruktur di Afrika senilai 4,9 miliar Dollar Amerika Serikat (AS). Salah satu proyek yang ditawarkan yakni pembangunan rel kereta api dari Senegal ke Uganda sepanjang 905 kilometer (km).

Direktur WIKA, Tumiyana mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan dua strategi untuk menggarap proyek tersebut. Pertama, perusahaan kontruksi plat merah tersebut akan menggandeng Indonesia Exim Bank untuk memperbesar kapasitas pendanaan.

“Railway (Afrika) itu kami sedang berdiskusi untuk menggarapnya, supaya Wika, Inka dan LEN maju bersama dan bisa didanai berapa,” ujar Tumiyana, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Selain itu, lanjut Tumiyana, perseroannya tengah mengusulkan skema counter trade atau imbal dagang. Nantinya, WIKA akan menggarap proyek infrastruktur di negara Afrika dan negara tersebut akan membayar pengerjaan proyek itu menggunakan minyak bumi.

“Kita lagi lakukan pembicaraan counter trade, berapa yang kita kerjakan, kita ambil minyak mereka. Karena negara itu penghasil minyak. Dan counter tradenya, kita akan hemat devisa. Kita kerja kontruksi, pulang bawa minyak,” kata Tumiyana.  

Sebelumnya WIKA menyatakan banyak negara di Afrika yang tertarik untuk menggandeng perseroan mengerjakan berbagai proyek infrastruktur.  Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengatakan, sejumlah negara Afrika telah menyatakan minatnya.

Namun WIKA tidak akan menerima semua tawaran pengerjaan proyek di Afrika karena ada kriteria yang ditentukan perusahaan. “Banyak tawaran pekerjaan di Afrika. Mulai dari Zanzibar, Madagaskar, Pantai Gading, Senegal, hingga Rwanda,” kata Mahendra di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

WIKA akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum mengambil tawaran proyek infrastruktur yang disodorkan. Misalnya, kemampuan dana yang dimiliki negara, potensi keuntungan yang diperoleh jika menggarap proyek, dan hal lainnya.

Sumber : money.kompas.com

Foto : Abraham Arthemius

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU