Barata Indonesia Perdana Ekspor Komponen Kereta Api ke AS

BUMNInfo, Jakarta | PT Barata Indonesia (Persero) kembali melakukan ekspor salah satu produknya, selain komponen kereta api Bogie yang telah rutin diekspor sejak 2011 lalu. Kali ini, perseroan akan mengekspor produk “Transom Assy” secara perdana ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Transom Assy merupakan komponen yang berfungsi sebagai dumping untuk mengurangi getaran yang ada di kereta api sehingga lebih stabil. Ekspor produk baru tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen perseroan dalam memperluas pasar manufaktur industri komponen dan permesinan dalam rangka diversifikasi produk khususnya industri perkeretaapian.

Optimisme disampaikan oleh Direktur Pemasaran Barata Indonesia, Sulistyo Handoko yang percaya jika Barata Indonesia sebagai BUMN Manufaktur mampu menghasilkan produk-produk komponen industri yang berdaya saing dan diakui dunia.

“Pencapaian ini sekaligus menjadi kekuatan bagi kami untuk terus menjadi key player dalam global supply chain khususnya di industri perkeretaapian,” ujar Sulis. ”Kami berharap ekspor perdana Transom Assy ini, menghasilkan pasar ekspor yang sustain sehingga dapat mendongkrak kinerja perseroan,” imbuhnya.

Untuk menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen, perseroan juga sudah memperbaharui sertifikat Association of American Railroads (AAR) yang juga merupakan bagian dari prasyarat utama ekspor produk komponen kereta api ke pasar Amerika.

Tercatat hingga Kuartal I 2022, Barata Indonesia sudah melakukan ekspor sebanyak 44 kali ke berbagai negara dengan nilai ekspor sebesar USD$2.1 juta. Negara yang tujuannya pun beragam, mulai dari Kanada, Meksiko, Jerman, Cina, hingga Korea Selatan.

Sumber: bumn.go.id

Dok: harmony.co.id

 



POST TERKAIT