Jumat, 29 Maret 2024

Awal Desember, PT KAI Luncurkan Dua Kereta Api Baru Jalur Utara

ads-custom-5

Bojonegoro, BUMNInfo | PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI Daerah Operasional  (Daop) 8 Surabaya, meluncurkan dua kereta api sekaligus, pada 1 Desember 2019 mendatang. Dua kereta api (KA) kelas menengah ini akan mengambil rute jalur utara dan melintas ke selatan.

Pengenalan dua KA baru ini digelar saat Car Free Day di Alun-Alun Kota Bojonegoro pada hari ini, Ahad, 24 November 2019. Hadir di acara itu Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, pejabat dari Daop 8 Surabaya dan dari Stasiun Kota Bojonegoro.

Menurut Kepala Stasiun Kota Bojonegoro, Rohman, salah satu kereta baru itu adalah KA Dharmawangsa Ekspres, yang mengambil rute dari Stasiun Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen Jakarta. Kereta malam ini melewati sejumlah kota-kota di jalur utara. Seperti Lamongan-Bojonegoro-Cepu-Semarang-Pekalongan-Tegal-Cirebon hingga berhenti di Jakarta.

Kereta api Dharmawangsa Ekspres dijadwalkan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 22.35 WIB dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 09.47 WIB. Rangkaian KA Dharmawangsa terdiri dari tiga gerbong kereta eksekutif dan enam gerbong kereta ekonomi, dengan kapasitas total tempat sebanyak 786 tempat duduk. “Harga tiketnya relatif terjangkau,” ujar Rohman.

Adapun harga tiket KA Sancaka Utara kelas untuk kelas eksekutif mulai dari tarif Rp 230.000 – Rp 360.000. Sedangkan untuk kelas bisnis mulai dari tarif Rp 150.000 – Rp 240.000.

Kemudian KA Sancaka Utara jalur Pasar Turi – Kutoarjo akan berhenti di 15 stasiun. Seperti Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu dan Randublatung. Rute KA ini dimulai dari Stasiun Pasar Turi melalui stasiun di jalur utara hingga Gambringan , lalu berbelok melalui Stasiun Gundih, dan lewat di jalur selatan di Stasiun Solo Balapan, Stasiun Tugu Yogyakarta,  hingga stasiun akhir yaitu Stasiun Kutoarjo.”Jalurnya seperti itu,” ucap Rohman.

Sementara itu Manager Humas PT KAI Daops 8 Suprapto mengatakan, kedua KA baru  itu akan mulai beroperasi pada 1 Desember 2019. Upaya ini dilakukan seiring dengan KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang baru.

Kebijakan pemberlakuan Gapeka ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).”Jadi ketetapannya sudah ada,” tandasnya, Sabtu 2-11-2019.

Warga Bojonegoro dan sekitarnya menyambut gembira dibukanya jalur Surabaya-Bojonegoro-Solo-Yogyakarta-Kutoarjo. Alasannya, jalur ini, langka dan baru sekali ini.”Kita jadi tidak ribet lagi bepergian ke Yogya, naik kereta api,” ujar Santoso, salah seorang rekanan di bidang minyak dan gas di Bojonegoro ini. 

Sumber : bisnis.tempo.co

Foto : keretaapikita

BERITA TERKAIT

ads-sidebar
ads-custom-4

BACA JUGA

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU