Transformasi Digital dalam Bisnis Perusahaan Pelat Merah

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor ekonomi digital, di mana perkembangannya semakin pesan. Sejumlah perusahaan plat merat turut beradaptasi dan mengimplementasi transformasi digital di era industri 4.0 pada core business dan pelayanannya masing-masing.\

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pun telah menyampaikan di tahun 2021 merupakan momentum untuk bangkit menghadapi tantangan-tantangandan bertransformasi.

Hingga saat ini sebanyak 29 BUMN dinilai telah mengimplementasikan anjuran Presiden Jokowi untuk menerapkan transformasi digital di era industri 4.0 pada core business dan pelayanannya masing-masing.

Saat ini waktunya membuktikan BUMN mampu mengimplementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Karena salah satu hikmah dari pandemi Covid-19 adalah menunjukkan betapa pentingnya produk digital bagi kehidupan manusia.

Karenanya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membangun fondasi BUMN dengan lima pilar utama dalam percepatan transformasi BUMN yang meliputi menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial bagi masyarakat; inovasi model bisnis; pemanfaatan teknologi; investasi; dan pengembangan SDM.

Salah satunya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang memiliki perusahaan MDI untuk investasi startup atau rintisan. Pengembangan perusahaan rintisan yang saat ini sedang menjadi perhatian dunia mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN. Telkom digadang-gadang akan menjadi pemain besar dalam layanan digital.



POST TERKAIT