Reefer Container Diuji Coba Pelni dan INKA, Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?

Jakarta, BUMN Info I PT INKA (Persero) bersama PT PELNI (Persero) berhasil gelar uji coba reefer container (kontainer berpendingin) di Pelabuhan Tanjung Priok, Pos 9, tepatnya di Dek Kapal Bukit Raya, pada Rabu (16/03/2022). Reefer container merupakan jenis peti kemas yang dilengkapi dengan sistem pendingin. Fungsinya untuk mengawetkan atau mendinginkan suhu produk di dalamnya, seperti ikan.

Kerjasama uji coba tersebut disambut baik oleh Kemenko Marves RI, Jodi Mahardi. Dalam konferensi persnya, ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk konkrit sinergitas antara BUMN dan juga Pemerintah untuk memajukan produk dalam negeri.
 
“Sebagaimana kita ketahui ini telah dilakukan pengukuran oleh PT PELNI dan PT INKA dan memang kemudian diperoleh informasi dibutuhkannya kontainer yang berukuran antara 1 ton dan 5 ton. Dan kami akan terus mendukung mendukung program ini untuk terus berlanjut, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan reefer container untuk sektor kelautan tapi juga untuk sektor-sektor komoditas lainnya,” ucap Jodi.
 
Dalam rencananya ke depan, INKA dan PELNI akan melakukan diskusi bersama untuk memproyeksikan jumlah kebutuhan yang dapat diproduksi. Hal tersebut juga diharapkan dapat membantu perekonomian daerah serta mendukung program tol laut yang diusung oleh Pemerintah.

 

Kerjasama INKA dan KML

Demi mendorong peningkatan hasil produk kelautan dan perikanan, perusahaan dalam negeri diminta terus mengembangkan bisnis reefer container. Dalam hal ini PT Industri Kereta Api (PT INKA) bekerja sama dengan PT Kelola Mina Laut (PT KML) menjawab tantangan itu dengan memproduksinya. Sebelumnya mereka sudah melakukan uji coba prototipe produknya,  di Madiun. Prototipe reefer container buatan INKA dan KML ini memiliki tiga kapasitas yakni kapasitas 1 ton dan 2 ton, serta 5 ton.

Pembuatan reefer container mengandung konten lokal yang telah disesuaikan juga dengan ketentuan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian. Reefer container ini mengandung lokal content sebesar 71%.

 

Sejauh Mana Manfaat Reefer Container Bagi Bisnis?

Container reefer berpendingin dapat menjaga suhu penumpukan antara - 35°C dan +35°C tanpa memperhatikan kondisi alam luar. Mereka melakukan ini dengan mengalihkan udara di bawah kargo melalui dek berbentuk T, yang secara khusus dimaksudkan untuk menjamin bahwa udara dapat mengalir dengan baik melalui seluruh pengiriman. Selain memiliki opsi untuk mengikuti suhu pengiriman yang telah didinginkan sebelumnya, kontainer berpendingin juga siap untuk meningkatkan suhu pengiriman bila diperlukan. 

Beberapa keuntungan memakai reefer container yaitu bisa dipartisi sesuai kebutuhan bisnis, cocok untuk menyimpan produk-produk musiman, tidak hanya untuk makanan saja tetapi reefer container dapat menyimpan bahan mentah lainya seperti alat medis, obat yang butuh suhu dingin agar tidak rusak, dan yang terpenting adalah tahan dengan berbagai kondisi.

 

Sumber: bumn.go.id, republika.co.id, supplychainindonesia

Dok: inka.co.id



POST TERKAIT