Makin Modern dan Megah, Perdana Airnav Operasikan Tower Baru Dekat Kawasan Ibu Kota Negara

Banjarmasin, BUMN Info I Tower baru AirNav Indonesia Cabang Banjarmasin resmi mulai beroperasi secara penuh untuk memberikan pelayanan navigasi penerbangan di Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin (Bandara Banjarmasin) dan ruang udara di sekitarnya.

Tower baru yang dibangun sejak tahun 2018 ini menggantikan Tower lama yang telah berusia lebih dari 50 tahun. Secara keseluruhan, fungsi Tower lama yang dibangun pada tahun 1971 dialihkan ke Tower baru dengan sejumlah pemutakhiran fasilitas dan teknologi. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penyesuaian terhadap master plan terminal baru Bandara Banjarmasin yang telah lebih dulu direalisasikan.

Tower baru AirNav Banjarmasin ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya peningkatan kualitas cakupan area pandang petugas Air Traffic Control (ATC) terhadap wilayah kerjanya. Hal itu karena fungsi utama bangunan Tower di sebuah bandara adalah sebagai sarana yang digunakan oleh petugas ATC untuk dapat memantau pergerakan pesawat udara secara visual (kasat mata), baik untuk pesawat yang ada di darat maupun yang sedang mengudara di sekitar bandara.

Letaknya yang berada sejajar dengan titik tengah landasan pacu (runway) membuat petugas ATC dapat lebih mudah dalam mengamati pergerakan pesawat di semua bagian runway. Tinggi bangunan yang meningkat lebih dari 100% dibandingkan gedung Tower lama juga memberikan pandangan yang lebih luas kepada petugas ATC.

Tower baru AirNav Banjarmasin dilengkapi dengan tower set, radio Very High Frequency (VHF), telephone direct speech (DS), Automatic Terminal Information Service (ATIS), dan Automated Weather Observing System (AWOS), yang dikerjasamakan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Seluruh fasilitas dipersiapkan untuk dapat memberikan pelayanan navigasi penerbangan yang prima untuk 90 pergerakan pesawat perhari yang take-off dan landing di Bandara Banjarmasin (rata-rata pergerakan harian sebelum pandemi COVID-19). Total nilai investasi Rp36 miliar untuk pembangunan tower baru ini.

 

Sumber: Instagram AirNav, koran-jakarta.com



POST TERKAIT